Senin, 01 Februari 2016

Contoh Teks Rekaman Percobaan


TEKS REKAMAN PERCOBAAN

MEMBUAT PENDINGIN SEDERHANA
Bahan makanan cepat membusuk karena tidak ada kulkas? Mungkin Anda harus mencoba membuat pendingin sederhana ini. Pendingin sangat berguna dalam mengawetkan setiap bahan makanan. Setiap sayur-sayuran ataupun buah-buahan pasti cepat membusuk atau kering apabila tidak diletakkan di dalam pendingin. Pendingin seperti kulkas sudah banyak di temukan di setiap rumah para warga. Akan tetapi, harga kulkas yang terbilang mahal dan membutuhkan listrik membuat kulkas sulit dimiliki warga di daerah yang belum tersentuh listrik. Salah satu solusinya adalah membuat pendingin sederhana dengan pot tanah liat.
Sebelumnya, siapkan alat dan bahan berikut!
1.      Dua buah pot dari bahan tanah liat (tembikar) dengan diameter 60 cm dan 40 cm,
2.      Lem kayu
3.      Kain penutup
4.      Pasir
5.      Air
6.      Styrofoam
Adapun cara pembuatan pendingin sederhana dari pot adalah seperti berikut.
1.      Tutuplah terlebih dahulu lubang pot menggunakan pecahan genting dan lem, usahakan agar tidak ada lubang pada kedua buah pot yang akan digunakan sebagai pendingin.

2.      Tempelkan pot kecil ke dalam pot besar seperti pada gambar dibawah ini menggunakan lem. Siapkanlah pasir atau bahan yang dapat dibasahi lainnya seperti pasir laut dsb.

3.      Masukkan pasir ke dalam ruang antara pot besar dan pot kecil sampai penuh, basahi pasir mengguanakan air dan kemudian tutuplah ruangan yang tersisa menggunakan stereofom.

4.      Masukkan buah-buahan serta sayuran kedalam pot kecil.

5.      Tutup dengan kain dan ukur suhunya.


Setelah melalui langkah-langkah diatas, kini pendingin sederhana sudah dapat digunakan untuk menyimpan sayur-sayuran dan buah-buahan. Air dalam pasir akan mengalami evaporasi, sehingga efek evaporasi ini akan mendinginkan ruangan di dalam pot. Pendingin berbahan pot ini cukup efektif mengawetkan sayur-sayuran dan buah-buahan.


            Sebuah benda yang bermanfaat tidak harus didapatkan dari bahan yang mahal. Dengan bahan yang mudah didapatkan, pendingin ini sangat berguna terutama di daerah yang belum tersentuh listrik. Untuk mengoptimalkan kinerja  pendingin ini, Jangan menaruh pendingin di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung untuk menjaga suhu pendingin tetap stabil!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar